ShoutMix chat widget


[Keluar]

Alexa Rank

Rabu, 14 September 2011

Jurusan IPA dan IPS di kalangan SMA

Rabu, 14 September 2011

Jurusan IPA dan IPS di kalangan SMA
Simbol Perdamaian
Memilih jurusan bagi kalangan pelajar SMA merupakan sebuah masalah yang diibaratkan sebagai permulaan untuk membangun masa depan, ibarat seperti memilih bibit yang cocok untuk menanam sebuah pohon yang berkualitas.

Saat melihat update terbaru dari FB, Twitter dan beberapa jejaring sosial tepat pada saat hari penerimaan rapor (Sabtu, 26 Juni 2010) banyak kalangan siswa yang kecewa ataupun bangga dengan raihan jurusan yang didapatnya.

So, kali ini kita akan membahas tentang perselisihan akan perbedaan dari IPA dan IPS, dan beberapa pandangan terhadap kedua jurusan tersebut.

Benarkah IPA Lebih Baik ?

Pada problem pertama banyak kawan-kawan yang mungkin berpandangan bahwa jurusan IPA lebih baik dibanding IPS. Jawaban itu tidak logis dan kami mengatakan itu salah besar. Ada yang beranggapan hal tersebut wajar, karena jurusan IPA memiliki lebih banyak jalur menuju Perguruan Tinggi ketimbang IPS, bahkan IPA-pun bisa masuk Jurusan IPS di Perguruan Tinggi nanti. Banyak lulusan IPA yang kuliah di Manajemen, Akuntansi, Politik, FIKOM, dsb. Kemudian hampir di semua sekolah setiap kelas yang siswanya masuk 10 besar (ranking teratas) masuk ke jurusan IPA dan yang masuk IPS biasanya yang mendapat rangking bawah. Dari alasan di atas maka wajarlah bila orang berpendapat bahwa IPA lebih bagus dari IPS.
Apakah IPS seburuk itu ?
Tidak, jurusan IPS dibuat pasti dengan tujuan tertentu. Di dalam jurusan IPS kita akan dididik berbagai ilmu sosial dan kemasyarakatan, kitapun akan dilatih agar menjadi manusia yang kritis dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. Hal-hal seperti inilah yang tidak dimiliki oleh pelajar di Jurusan IPA.
Benarkah Anak-Anak IPS Dicap Sebagai Anak Nakal ?
Problem kedua menjelaskan kepada kita bahwa adanya ketakutan seorang siswa menjadi nakal ataupun ingin bergabung dengan kawan-kawannya yang juga bersifat nakal !.sehingga banyak siswa yang berpandangan bahwa “jika dia masuk ke jurusan IPS dia akan di cap sebagai anak bandel/nakal".


Ulasan diatas merupakan hasil dari negative thinking orang banyak tantang perlakuan anak IPS, sebenarnya citra baik dan buruknya seseorang berada didalam dirinya sendiri. Jika kebanyakan siswa ada yang mengalami hal seperti ini, cobalah berpandangan positif, Jika sobat tidak merasa sebagai anak nakal, tidak usah ditanggapi tentang bagaimana orang menilai kelas sobat sebagai anak IPS nantinya, tetapi coba tunjukkan dengan prestasi sobat bahwa tidak selamanya jurusan IPS itu kelas untuk anak-anak nakal.

plus minus Jurusan IPA dan IPS

JURUSAN IPA (BANYAK METODE ILMIAH)
Jurusan IPA banyak berhubungan dengan teknologi, berhitung dan mengamati fenomena alam.
Mempelajari ilmu pasti dan alam atau eksakta. Lengket dengan metode ilmiah yang mengutamakan percobaan-percobaan dan tes yang penuh logika. Jawaban atas pertanyaan soal adalah pasti tidak bisa diganggu gugat. Cocok untuk yang berminat pada teknik, sains dan perkembangan teknologi, berhitung dan mengamati fenomena makhluk hidup dan alam sekitarnya.

Keunggulan:
- Bisa lintas jurusan begitu memilih PTN, karena jurusan ini selalu bisa survive dari segala jenis pelajaran. Ada anggapan kalo murid IPA selalu bisa beradaptasi dengan pelajaran IPS dengan mudah.
Melatih kemampuan logika dan penyelesaian masalah. Sehingga dalam dunia kerja lulusan IPA juga dianggap bisa bekerja di bidang IPS.
- Perlu waktu dan suasana khusus untuk mempelajari satu mata pelajaran eksakta.
Kelemahan:
- Sering terlihat belajar terus, seperti tak ada waktu santai. Agak kurang dalam pengetahuan pergaulan.
-Pada akhirnya sering memilih jurusan IPS karena mengaku salah jurusan pada waktu kuliah, karena tidak kuat menjalani beberapa mata kuliah.
- Belum tentu bisa menggabungkan metode menghafal dan menalarkan pelajaran.
Peluang:
Ada peluang go international dengan mengikuti olimpiade sains. Pada saat kuliah nanti, bagusnya sih juga mempelajari ilmu bisnis dan marketing untuk mendukung ilmu “teknik”-nya.

JURUSAN IPS (TIDAK BISA LINTAS JURUSAN)
Jurusan IPS mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat.Intinya sih jurusan ini mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat. Mulai dari sosiologi, geografi, ekonomi akuntansi dan sejarah. Pelajaran-pelajaran ini terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Sangat pas untuk kita yang berminat pada bidang sosial-politik, kewartawanan dan bisnis marketing.

Keunggulan:

- Bukan santai, tapi pelajarannya emang hanya membutuhkan penalaran aja.
- Saat ini, dunia kerja lebih membuka lapangan pekerjaan luas untuk jurusan Sosial.
- Karena masih ada waktu untuk bergaul, wawasan tentang dunia pergaulan bisa lebih luas.
Kelemahan:
-Sangat berat bila bersaing di bidang IPA atau eksakta.
-Cap miring soal jurusan pelarian dan gayanya yang santai
-Nggak bisa lintas jurusan.
Peluang:
Keahlian komunikasi yang baik harus ditambah dengan penguasaan bahasa asing supaya bisa menguasai dunia kerja yang makin go international ini.
Pandangan guru
          Pendapat tentang jurusan IPA dan IPS
IPA adalah sebuah bidang ilmu yang dibedakan adalah subyek (pelajarannya) dan masing-masing mempunyai kapasitas yang tersendiri.
          Apakah anak IPA dan IPS itu berbeda?
Sebetulnya anak IPA dan IPS itu sama, misalnya sama beban pelajarannya, jumlah maple sama, dan jumlah jam pelajaran juga sama. Namun mereka berbeda pada mata pelajarnnya saja.
Pada dasarnya anak IPA dan IPS adalah sama. Karena IPS tidak selalu menjadi yang terbawah, dan IPA juga tidak akan selalu menjadi yang tertinggi.
                                                                                      Ibu Us

Bagaimana Solusinya ?
Jika diantara kalian ada yang bingung dan pusing 7 keliling memikirkannya ? Pertama kali mari kita intropeksi diri kita masing-masing ! kebanyakan siswa tidak berhasil di setiap jurusannya dikarenakan siswa tersebut tidak mau serius akan belajar dan menciptakan kreasi – kreasi baru !

Bukan zamannya lagi sobat mempertentangkan antara jurusan IPA atau IPS, coba beranggapan jika salah satu tidak ada, OK kita anggap IPS tidak ada, bagaimana dengan "keadaan Negara tanpa pemimpin", bagaimana  "keadaaan sistem hukum di Negara ini", bagaimana dengan "keuangan negara" ? Tak terbayangkan jika salah satunya (IPA atau IPS) tidak ada !!!

So, bangunlah kepribadianmu dan berpikiran positiflah selalu, hingga akhirnya kita siap dan yakin akan pilihan kita tersebut ! bekerja dan belajar haruslah ikhlas bukan karena paksaan dan faktor pujian belaka.
IPA dan IPS Itu Bersahabat !!!
dan
Salam Blogger SMANKA


20 komentar:

Aviantara Rezza mengatakan...

Hmm...not bad, from child social

Anonim mengatakan...

wah.. makasih banget.. saya kelas 10 yg akan melakukan penjurusan, dan bingung banget milih antara IPA atau IPS

Anonim mengatakan...

Menambah masukan thx

indah mengatakan...

release of my problem
established and now I live alone

Anonim mengatakan...

tetep galau bro bacanya

Anonim mengatakan...

bahkan sudah ditetapkan jurusannya pun, masih tetep galau dan risau, serta antara yakin dan gak yakin

Anonim mengatakan...

shalat Istikharah laah

Anonim mengatakan...

shalat Istikharah laah

Cristhover mengatakan...

sob gk kepikiran masuk IPS
smoga yg terbaik

tiyaa mengatakan...

IPA ajalah :)amin

Aldo fahreza mengatakan...

this good,,,, sebenarnya saya milih IPA karena anak2nya ga nakal2 n di anggap oleh orang2 tuh lebih baik dari IPS,,, tapi saya yakin,, dengan cara itu,,, saya tidak akan bisa konsentrasi apabila saya masuk IPA karena terpaksa,,,

jadi, saya putuskan masuk IPS,, karena sesuai dengan cita2 saya,, makasih ya gan.,, !!

http://aldofahreza.blogspot.com

Anonim mengatakan...

Beruntung ane IPS!! Thx gan!!

Anonim mengatakan...

Peluang yang menjanjikan!! Thx gan!!

novita sari mengatakan...

thanks ya masukannya,,
M0ga m0ga saya memilih jurusan IPS tidak salah n tidak nyesel nantinya. .

Anonim mengatakan...

thanks to your solution, i hope i can do to choose who the best for me!..... INSYA ALLAH i want to IPS :)

Anonim mengatakan...

tetap galau juga.. tapi ttp yakin ini pilihan yg benar dan ga salah yaaa amin:)

Anonim mengatakan...

''Sangat pas untuk
kita yang berminat pada bidang sosial-
politik, kewartawanan dan bisnis
marketing.'' ini yg saya cari IPS fixx

Vika Mubarokah mengatakan...

Motivasi yang hebat! Jadi intinya bergantung sama orang yg ngejalaninnya ya ka? :D

Anonim mengatakan...

Its so nice :)
mudah2an anak ips bisa lebih baik lagi ! buktinya pemimpin negara kita hanya ada 2 yang lulusan ipa. yaitu ir soekarno dan bj habibie. sedangkan lainnya ips. itu berarti ips banyak berhasil !!

Anonim mengatakan...

hahaha,temen saya SMP dulu ada yang pengen banget masuk IPS,padahal anaknya pinter...
Tapi emang cita2nya di bidang IPS,sekarang dia kuliah di luar negri.

Poskan Komentar

Berbagi

Twitter Facebook

 

Silahkan di Lihat-lihat

Informasi Blog

Rank Diga-Max


Statistik Diga-Max

Manfaatkan Waktumu